Jumat, 21 Desember 2012

Rangkuman Materi IPS Kelas 6 Semester II - Bab I




          Waah, lama nih enggak nulis-nulis di blog ini. Tapi tenaaang, kali ini aku muncul lagi kok. Nah, langsung aja yah, aku mau bahas tentang pelajaran IPS kelas 6 materi semester II. Hmm, mungkin bab I dulu ya, tentang “Gejala Alam yang Terjadi di Indonesia dan Negara Tetangga”. Waduh, judulnya panjang banget, gimana materinya?? Ohohohoo... Enggak, enggak... Materinya cuma sedikit kook. Juga udah aku rangkum dari buku mana aja ( yang jelas buku IPS dongg ). Ya udah, capcuss yuukk..

A.   Gejala Alam di Indonesia
  •      Peristiwa alam adalah suatu keadaan atau peristiwa yang tidak biasa yang ditimbulkan oleh alam.
  •       Peristiwa alam yang merugikan manusia :


-      Gunung meletus, yang terjadi karena penerobosan magma atau keluarnya magma dari permukaan bumi. Gempa dibedakan menjadi 3, yaitu :
1.    Gempa tektonik, terjadi karena pergeseran lempeng  bumi.
2.    Gempa vulkanik, terjadi karena letusan gunung api.
3.    Gempa tanah runtuh, terjadi karena runtuhnya tanah.
-      Tsunami, yaitu gelombang besar yang terbentuk dari dasar laut karena adanya gempa.
-      Banjir, terjadi karena hujan yang terus menerus turun.


-      Angin topan, yaitu pergerakan angin yang sangat kencang sehingga mampu memporak-porandakan benda-benda yang dilewatinya.
-      Tanah longsor, terjadi akibat pengikisan tanah oleh air hujan karena tidak adanya peresap air yang sering terjadi di pegunungan.
  •      Peristiwa alam yang menguntungkan manusia :
-      Pergantian musim.
-      Terbentuknya embun.


-      Terbentuknya pelangi.


  • ·        Gejala alam yang terjadi di negara tetangga :
-      Gempa bumi, seperti di Taiwan pada tanggal 26 Desember 2006 dengan kekuatan 7,1 SR.
-      Badai/topan, seperti di Filipina pada tanggal 1 Desember 2006.
-      Tanah longsor
-      Banjir, seperti di Malaysia pada tahun 2006.
-      El Nino, yaitu gejala menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah.
-      La Nina, yaitu proses mendinginnya suhu permukaan laut di bawah rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan Tengah di sekitar khatulistiwa. 

Yups, segitu dulu ya dari aku. Kalau ada yang salah atau kurang bisa dibetulkan atau kasih tahu aku di komentar. OK, tunggu artikel selanjutnya ya...^^

1 komentar:

Nadia Firza Faradina on 23 Februari 2013 14.01 mengatakan...

Siip, semoga bermanfaat! :)

Poskan Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Kang Rijal theme by Kang Rijal Converted into Blogger Template by Bloganol dot com